Alumni Sharing Magister Epidemiologi Mengajak Mahasiswa dan Alumni Aktif Menulis Populer tentang Epidemiologi

0

NEWS – Program Studi bersama Ikatan Alumni Magister Epidemiologi Universitas Airlangga telah menyelenggarakan kegiatan alumni sharing pada Minggu,7/11/2021 secara online. Kegiatan ini dihadiri oleh alumni, dosen dan mahasiswa Magister Epidemiologi Universitas Airlangga.

Gambar 1. Narasumber Alumni Menyampaikan Materi tentang Tips dan Trik Menulis Berita dan Artikel Ilmiah Populer Pertemuan Pertama

Kegiatan alumni sharing ini bertujuan untuk membangun kedekatan dan saling mempererat silahturrahim dengan alumni, mahasiswa, dan dosen Prodi Magister Epidemiologi, selain itu alumni sebagai narasumber juga berbagi manfaat melalui sharing ilmu dan wawasan baru tentang ilmu epidemiologi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan alumni sharing pertemuan pertama yang membahas tentang tips dan trik menulis berita dan artikel ilmiah populer. “Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Prodi dan ikatan alumni untuk pengembangan Prodi, diharapkan dengan adanya kegiatan ini Prodi Magister Epidemiologi semakin terkenal, disisi lain mahasiswa juga dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis berita dan artikel ilmiah populer tentang epidemiologi” tutur Dr. Atik Choirul Hidajah, dr., M.Kes.

Siti Shofiya Novita Sari, S.KM., M.Epid (Alumni FETP Universitas Airlangga tahun 2017) bersama Yasmin Nihayatun Nadzifah, S.KM (Alumni S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga tahun 2017) menjadi narasumber pada kegiatan ini. Yasmin menyampaikan materi tentang tips dan trik menulis berita dan artikel ilmiah populer, sedangkan Siti Shofiya menyampaikan materi tentang cara menulis berita epidemiologi.

Gambar 2. Pertemuan Kedua Alumni Sharing dilanjutkan dengan Topik Mengulas Berita dan Artikel Ilmiah Populer

Pada akhir dari pertemuan pertama alumni sharing, Prodi dan Ikatan Alumni Magister Epidemiologi Universitas Airlangga sebagai penyelenggara mengadakan Lomba Menulis Berita dan Artikel Ilmiah bertemakan epidemiologi yang dikuti oleh mahasiswa dan alumni Magister Epidemiologi Universitas Airlangga. Pada Minggu, 19/12/2021 diadakan alumni sharing pertemuan kedua untuk mengulas berita dan artikel ilmiah populer yang telah dikirimkan untuk lomba pada pertemuan sebelumnya.

Hasil penilaian juri, disepakati bahwa terdapat 2 karya berita epidemiologi terbaik dan 2 karya artikel ilmiah populer terbaik. Hasil karya terbaik tersebut diulas bersama pada pertemuan kedua alumni sharing.

Berikut adalah daftar berita populer dan artikel ilmiah populer terbaik yang diulas:

Kategori Berita Epidemiologi:

Kategori Artikel Ilmiah Populer:

  • Surveilans Epidemiologi COVID-19: Corong Data & Informasi (Wilibaldus Siga – Mahasiswa)
  • Surveilans Migrasi, Kunci Mempertahankan Daerah Eliminasi Malaria (Kunigunda Albert – Mahasiswa)

Hasil karya tersebut diatas akan dipublish di Website Prodi Magister Epidemiologi. “Kegiatan ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk mahasiswa dan alumni saja, namun dari hasil karya tulisan berita dan artikel ilmiah populer yang telah dibuat, masyarakat juga memperoleh manfaat dan wawasan karena bahasa yang disampaikan melalui berita dan artikel yang dimuat di media online menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat” jelas Siti Shofiya (Alumni).

Gambar 3. Dokumentasi bersama Dosen, Alumni dan Mahasiswa Magister Epidemiologi Universitas Airlangga

Alumni sharing tahun 2021 berjalan dengan lancar dengan diadakannya dua seri pertemuan. Diharapkan, pada tahun 2022, alumni sharing akan tetap berjalan dengan membahas isu dan topik menarik lainnya sehingga alumni maupun mahasiswa dapat wawasan baru dari topik yang disampaikan oleh alumni.

Penulis:

Siti Shofiya Novita Sari

Leave a Reply