Kegiatan Effective Team Building & Sharing Session Alumni Magister Epidemiologi FKM UNAIR (Dalam Rangka Bulan Epidemiologi Ke-4 Tahun 2022), 15 Oktober 2022

Kegiatan Bulan Epidemiologi adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Epidemiologi, Divisi Epidemiologi Departemen Epidemiologi, Biostatistika Kependudukan dan Promosi Kesehatan (EBIOP) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Kegiatan ini diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan ilmiah dan kegiatan pendukung lainya yang melibatkan komponen Program Studi Magister Epidemiologi maupun pihak-pihak di luar Program Studi Magister Epidemiologi.

Kali ini rangkaian kegiatan Bulan Epidemiologi Ke-4 Tahun 2022 akan diselenggarakan oleh Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga akan mengusung Tema “Peningkatan Karakter Mahasiswa Magister Epidemiologi yang Aktif, Adaptif dan Kreatif yang Mendukung Kompetensi Epidemiolog”. Harapannya adalah mahasiswa dapat berupaya untuk senatiasa meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikapnya dengan berbagai aktifitas yang dijalani baik melalui kegiatan perkuliahan, aktif dalam berorganisasi ekstra atau intra kampus.

Salah satu dari rangkaian kegiatan Bulan Epidemiologi Ke-4 Tahun 2022 adalah Kegiatan Effective Team Building & Sharing Session Alumni Magister Epidemiologi FKM UNAIR yang diadakan pada Hari Sabtu, Tanggal 15 Oktober 2022 dan dihadiri oleh lebih dari 50 Orang warga Epidemiologi FKM Unair baik Mahasiswa, Dosen dan Tenaga Pendidik. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan I FKM UNAIR, Prof, Dr. Nyoman Anita Damayanti, drg., M.S. Kegiatan ini bertujuan untuk Membentuk karakter kepemimpinan, kebersamaan, dan kerja sama di antara civitas akademika program Studi Magister Epidemiologi melalui kegiatan effective team building. Bentuk kegiatan ini berupa berbagai macam games untuk meningkatkan ketangkasan baik individu maupun beregu (teamwork).

Tidak hanya permainan games tetapi kegiatan ini dibarengi dengan sharing session oleh alumni Magister Epidemiologi yaitu Bapak Irfan Dhia Hanif, S.KM., M.Epid. Beliau saat ini bertugas di Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun. Dalam kesempatan ini peserta mendapatkan sharing pengalaman yang luar biasa dimana selepas lulus Magister Epidemiologi pada Tahun 2020 saat COVID-19 melanda peran beliau sangat berarti sebagai Data Manager Satgas Covid Nasional untuk Wilayah Jawa Timur (Kota & Kab. Madiun, Kab.Ponorogo dan Kota Surabaya) Periode 2020-2021.

Melalui kegiatan ini mahasiswa dan dosen sangat berkesan dimana tidak hanya sebagai sarana “healing” untuk sejenak melepas penat tugas keseharian melalui games yang tentunya sangat seru, tetapi mendapatkan sharing pengalaman yang sangat berharga sehingga mahasiswa mendapatkan gambaran peran sertanya baik untuk prodi, fakultas maupun masyarakat, baik saat menjadi mahasiswa maupun saat telah lulus sebagai Magister Epidemiologi. Semoga di tahun-tahun mendatang kegiatan seperti ini tetap akan ada untuk mempererat tali silaturahmi antara Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Pendidik dan mempersiapkan SDM dalam menghadapi tantangan masalah kesehatan di masa yang akan datang.

Penulis : Daniel Christanto (NIM: 102114553017)

Leave a Reply