Mahasiswa FETP UNAIR Raih the 3rd Best Poster di Ajang Bergengsi The 9th National Scientific Conference On Epidemiology (NSCE) Tahun 2022

National Scientific Conference on Epidemiology (NSCE) merupakan kegiatan konferensi ilmiah tahunan dan disebut juga sebagai Pertemuan Ilmiah Epidemiologi Nasional (PIEN). Konferensi ilmiah ini diselenggarakan oleh Direktorat Surveilans, Imunisasi, Karantina dan Kesehatan Matra, Ditjen PP&P Kementerian Kesehatan RI dan Sekretariat FETP Indonesia. Pertemuan ini menjadi wadah nasional bagi mahasiswa dan alumni FETP untuk berbagi hasil studinya di lapangan dengan para pakar kesehatan masyarakat serta memaparkan peran dan kontribusi penting para ahli epidemiologi lapangan di Indonesia, khususnya di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit di tingkat regional dan nasional. Tahun 2022 ini NSCE ke-9 yang dilaksanakan di Vasa Hotel Surabaya, tepatnya pada tanggal 29 Agustus – 1 September 2022 dengan tema “Lesson Learned & Best Practices in the Covid-19 Pandemic Response for Early Detection and Rapid Response to Future Pandemic”.

Salah satu Mahasiswa FETP Magister Epidemiologi UNAIR, Noer Farakhin yang akrab dipanggil Fara mengikuti kompetisi poster presentation pada ajang tersebut. Dengan materi Praktikum Lapangan 1 analisis masalah kesehatan saat diperkuliahan dengan judul “Analysis of Covid-19 Tracing Ratio in Sidoarjo Regency, East Java 2022 (Study During the Covid-19 Pandemic)”. Poster dari peserta di pamerkan secara serentak dari awal acara berlangsung hingga akhir acara. Pada tanggal 31 Agustus 2022 pameran dibuka berbarengan dengan presentasi dan penilaian. Saat acara presentasi Fara mengaku sedikit gugup dengan diskusi dan tanya jawab yang diberikan oleh para pengunjung, namun telah terlewati dengan lancer hingga akhir sesi. Fara juga mengaku bahwa selama sesi selalu didukung dan ditemani oleh pembimbing lapangannya yaitu Bapak Supa’at Setia Hadi, S.KM., M.Kes hal ini yang membuat Fara tampil lebih percaya diri.

Gambar 1. Foto Bersama Pembimbing Lapangan Supa’at Setia Hadi, S.KM., M.Kes

“Pertama kali menjadi participant poster presentation, tidak banyak yang saya harapkan. Bermodalkan semangat dalam membuat poster dengan versi terbaik saya, saya berhasil mendapatkan Juara 3 presentation poster dari 13 mahasiswa lainnya dari UI, UGM, UNAIR, UNHAS dan UNUD yang turut berpartisipasi. Keikutsertaan saya dalam NSCE ke 9 ini membuat saya semakin bangga menjadi mahasiswa FETP dan tentunya meningkatkan semangat saya dalam menempuh study” tutur Fara terkait kesan mengikuti ajang bergengsi NSCE ke 9 ini.

 

Penulis: Noer Farakhin (NIM: 102114553022)
Editor: Siti Shofiya Novita Sari

Leave a Reply