Rangkaian Kegiatan Bulan Epidemiologi Ke-4 Tahun 2022: Diskusi Implementasi Kurikulum Magister Epidemiologi Pada Mahasiswa Angkatan 2022

Rabu/28/09/2022, Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan kegiatan pertama Bulan Epidemiologi ke-4 yaitu diskusi implementasi kurikulum Magister Epidemiologi pada mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 yang dilakukan secara daring. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa baru angkatan 2022 dengan tiga minat yaitu Epidemiologi, Manajemen Surveilans Epidemiologi dan Informasi Kesehatan (MSEIK), dan Epidemiologi Lapangan (FETP). Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah agar mahasiswa baru mengenal kurikulum di magister epidemiologi, serta agar mahasiswa memiliki motivasi untuk mencapai masa studi dengan tepat waktu.

Dalam kegiatan ini yang menjadi narasumber yaitu Ketua Minat Epidemiologi yaitu Prof. Dr. Chatarina Umbul Wahyuni, dr., MS., MPH, Ketua Minat MSEIK yaitu Dr. Fariani Syahrul, S.KM, M.Kes, dan Ketua Minat FETP yaitu Dr. Atik Choirul Hidajah, dr., M.Kes.

Bulan Epidemiologi merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Epidemiologi, Divisi Epidemiologi Departemen Epidemiologi, Biostatistika Kependudukan dan Promosi Kesehatan (EBIOP) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Pada Bulan Epidemiologi ke-4 tahun 2022 ini, diadakan serangkaian acara yang dikemas secara menarik sebagai wadah untuk meningkatkan karakter Mahasiswa Magister Epidemiologi yang aktif, adaptif, dan kreatif yang mendukung kompetensi Epidemiolog.

Gambar 1. Dokumentasi Kegiatan Bersama Peserta

Noer Farakhin salah satu mahasiswa FETP UNAIR angkatan 2021 menjadi moderator pada kegiatan ini. Selama kegiatan berlangsung. masing-masing minat masuk kedalam breakout room yang sudah disediakan oleh penyelenggara. Materi yang diberikan oleh narasumber adalah kurikulum, kemudian ketua minat masing-masing menyampaikan pembahasan mulai dari mata kuliah, residensi/praktik lapangan hingga tesis.

Para peserta di masing-masing peminatan terlihat sangat antusias dengan kegiatan ini, karena di tiap breakout room, banyak pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa baru untuk mengetahui lebih dalam di Magister Epidemiologi ini. Ada pula beberapa teman-teman yang sudah sangat antusias bertanya terkait informasi tentang publikasi ilmiah, komunikasi oral dan komunikasi poster, bagaimana cara mendapatkan informasi dan sistematikanya.

 

Penulis: Denisca Vanya Almeida (NIM: 102114553001)

Editor: Siti Shofiya Novita Sari

Leave a Reply