Kolaborasi UNAIR Bersama Dua Universitas di Malaysia Dalam Kegiatan Kolokium Internasional dan Pengabdian Masyarakat di Pulau Penang, Malaysia

Pada tanggal 5 hingga 9 Mei 2024, kegiatan kolokium internasional dan pengabdian masyarakat bertajuk GANBATE PLUS sukses digelar di Penang, Malaysia. Program kolaboratif ini melibatkan Universiti Teknologi MARA (UiTM), Universiti Sains Malaysia (USM), dan Universitas Airlangga (UNAIR), diikuti oleh 37 delegasi dari UNAIR yang diantaranya adalah 6 mahasiswa Program Studi Magister Epidemiologi.

Kegiatan ini mencakup berbagai aktivitas yang diawali oleh kolokium internasional. Kolokium internasional yang bertemakan “The Impact of Climate Change on the Sustainability of Public Health and Food Security” dihadiri oleh beberapa dosen serta mahasiswa dari UiTM, USM, dan UNAIR untuk melakukan presentasi dan mendiskusikan solusi perubahan iklim, perlindungan lingkungan bagi masyarakat, ketahanan pangan, termasuk pentingnya tindakan kolektif dalam menghadapi isu-isu global. Acara tersebut dirangkaikan dengan pihak UNAIR yang menandatangani MoU antara School of Biological Sciences (SBS USM) untuk kerja sama yang akan berfokus pada penyelesaian persoalan perubahan iklim, jaminan makanan, kesehatan masyarakat dan isu-isu global.

Kolokium internasional yang selesai dilaksanakan tanggal 7 Mei 2024 lalu dilanjutkan dengan aktivitas-aktivitas GANBATE Plus yakni edukasi kesehatan, pembersihan pantai, dan gerakan menanam pohon. Tujuan utama GANBATE Plus adalah meningkatkan kerjasama pengabdian masyarakat internasional, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, mengurangi pencemaran, dan meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat

Edukasi Kesehatan di Rumah Tahfidz dan Rumah Anak Yatim

Edukasi kesehatan dilaksanakan di dua tempat dengan dua kelompok yang berbeda, yakni di Pusat Pendidikan Tahfiz Sains Teknologi dan di Rumah Anak Yatim Kesayangan Pertubuhan Anak Kesayangan Pulau Penang. Di rumah Anak Yatim, delegasi dari UNAIR melakukan edukasi mengenai makanan-makanan sehat. Kegiatan edukasi makanan sehat ke anak-anak diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anak tentang pentingnya pola makan yang baik, mendorong kebiasaan makan sehat sejak dini, serta memberikan pengetahuan mengenai manfaat nutrisi yang seimbang bagi pertumbuhan dan perkembangan.

Foto 1. Kegiatan di Pusat Pendidikan Tahfiz Sains Dan Teknologi (7/05/2024)
Foto 2. Pendidikan Kesehatan untuk Anak Yatim: Misi Peduli dan Berbagi

Membersihkan Area Pantai Feringgi

Sebagai bagian dari kegiatan GANBATE Plus, para delegasi dari UiTM, USM, dan UNAIR bersama-sama melaksanakan ’plogging’ pada tanggal 8 Mei 2024. Delegasi dosen dan mahasiswa dari ketiga kampus tersebut berkumpul di Pantai Feringgi untuk membersihkan area pinggiran pantai. Kegiatan ini tidak hanya menjadikan peserta secara langsung terlibat dalam aksi nyata untuk meningkatkan kualitas lingkungan di wilayah pesisir pantai, tetapi juga dapat meningkatkan kesadaran individu dan komunitas tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi mengurangi polusi pantai yang dapat mengganggu ekosistem laut.

Delegasi UNAIR, USM, dan UiTM Bersatu Bersihkan Pantai Feringgi

Gerakan Penanaman Pohon dan Edukasi di Pusat Jagaan Damai Permai

Tanggal 9 Mei 2024 menandai hari terakhir kegiatan pengabdian di Pulau Penang. Pada hari itu, berbagai aktivitas dilakukan di Pusat Jagaan Damai Permai Pulau Penang, aktivitas tersebut diantaranya edukasi kesehatan, senam bersama lansia, dan penanaman pohon. Edukasi kesehatan ditujukan kepada penjaga dan pengasuh di rumah lansia, memberikan mereka pengetahuan tentang langkah-langkah pencegahan cedera pada lansia. Sebagai bagian dari upaya konservasi lingkungan, peserta turut berpartisipasi dalam gerakan menanam pohon dengan tujuan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat.

Intercultural Night Sebagai Penutupan GANBATE Plus

Intercultural Night bertajuk ‘Malam Kebudayaan Antarbangsa’ yang digelar di Hotel Seri Malaysia, Kepala Batas, Penang, menandai berakhirnya kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung di Pulau Penang. Acara yang diselenggarakan oleh Fakulti Sains Kesihatan (FSK) UiTMCPP Kampus Bertam ini berlangsung penuh kehangatan dan kemeriahan, dihadiri oleh Fakultas Sains Kesihatan, UiTMCPP, bersama delegasi dari Universitas Airlangga (UNAIR) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), serta Universiti Sains Malaysia (USM).

Kegiatan kolokuium internasional yang dilanjut dengan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat. Kolaborasi UNAIR dengan UiTM dan USM ini tidak hanya mempererat hubungan akademis dan budaya antar negara, tetapi juga memberikan dampak positif langsung kepada komunitas setempat. Melalui kerja sama ini, para delegasi mampu berbagi pengetahuan dan keterampilan serta memberikan solusi nyata terhadap berbagai masalah kesehatan dan lingkungan di masyarakat. Kolaborasi menunjukkan bahwa dengan bekerja bersama, ada potensi untuk mencapai hasil yang lebih baik dan lebih bermakna bagi masyarakat.

Penulis : Nur Mutiara Husnah Hidayatullah BW

Leave a Reply