Pelatihan Human Centered Design untuk Meningkatkan Pencapaian Program Imunisasi

Pada tanggal 2-4 Mei 2024 telah dilaksanakan pelatihan Human Centered Design (HCD) yang merupakan kerja sama antara Gerakan Peduli Ibu dan Anak (GELIAT) Airlangga dan UNICEF. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Yello Jemursari, Surabaya. Hari pertama acara dibuka oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan UNICEF. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi. Hari kedua dan ketiga dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang HCD dan praktik simulasi melakukan HCD.

Dosen Divisi dan Magister Epidemiologi yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah

  1. Dr. Arief Hargono, drg., M.Kes
  2. Dr. Fariani Syahrul, S.KM., M.Kes
  3. Laura Navika Yamani, S.Si., M.Si., PhD
  4. Erni Astutik, S.K.M., M.Epid
Foto 1. Penyampaian materi tentang pengantar HCD oleh Dr. Arief Hargono, drg., M.Kes

Pendekatan HCD merupakan salah satu langkah yang diterapkan Pemerintah untuk peningkatan kegiatan imunisasi. Proses pendekatan HCD dapat membantu untuk mengetahui kebutuhan kelompok sasaran dan juga membantu untuk menentukan aktivitas yang tepat untuk pencarian data, analisis data serta mencari alternatif solusi dari permasalahan imunisasi.

Peserta dari kegiatan ini adalah Staf Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggung Jawab Program Imunisasi dari 7 Dinas Kesehatan Kabupaten terpilih, yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Jombang, Kediri, Probolinggo, Pamekasan, Banyuwangi, dan Blitar. Penanggung jawab Kesehatan dan Sosialisasi Muslimat dan Aisyiyah juga terlibat dalam kegiatan ini. Selain itu, beberapa institusi pendidikan juga berpartisipasi dalam pelatihan ini, seperti STIKES Bhakti Al Qodiri, Universitas Jember, Universitas Hafsyawati, STIKES AIFA, Unipdu, FIKKIA UNAIR, STIKES Banyuwangi, Akademi Kesehatan Rustida, STIKES Patria Husada, IIK Bhakti Wiyata. Penanggung Jawab Kesehatan Perkebunan Nusantara XII, Kabupaten Jember dan Pondok Pesantren Islamiyah Syafi’iyah Paiton Kabupaten Probolinggo juga diundang dalam kegiatan ini.

Foto 2. Peserta pelatihan HCD

Penulis: Erni Astutik

Leave a Reply