Pendampingan Pelatihan Human Center Design di Kabupaten Blitar

Pada tanggal 16 Mei 2024, 2 dosen dari Divisi Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga melakukan pendampingan pelatihan Human Center Design di Kabupaten Blitar. Kedua dosen tersebut adalah Laura Navika Yamani, PhD dan Erni Astutik, S.K.M., M.Epid. Kegiatan pendampingan ini merupakan kerja sama antara GELIAT Airlangga dan UNICEF.

Foto 1. Ketua Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar sedang memberikan sambutan

Human Center Design merupakan salah metode di dalam imunisasi yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan imunisasi di suatu wilayah. Human Center Design adalah sebuah metode dimana dalam menyelesaikan masalah imunisasi ini dengan pendekatan masyarakat. Misalnya, menggali factor pendukung atau penghambat mengapa masyarakat tidak memberikan imunisasi kepada anaknya.

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari. Peserta dari kegiatan ini adalah petugas kesehatan dan tokoh masyarakat serta persona yang akan diundang pada hari kedua. Acara dimulai dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dan dibuka oleh perwakilan dari GELIAT Airlangga. Fasilitator dalam kegiatan ini adalah peserta Pelatihan Human Center Design dari Kabupaten Blitar yang telah dilatih sebelumnya oleh tim dari GELIAT Airlangga.

Foto 2. Peserta pelatihan Human Center Design Kabupaten Blitar

Penulis: Erni Astutik

Leave a Reply