Bulan Epidemiologi Ke-4: Magister Epidemiologi FKM UNAIR Gelar Workshop Systematic Review & Reworking, Tips dan Trik Membuat Abstrak dan Materi sebagai bentuk Pengembangan Keterampilan Menulis Ilmiah

Kegiatan Bulan Epidemiologi merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Kegiatan ini diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan ilmiah dan kegiatan pendukung lainya yang melibatkan komponen Program Studi Magister Epidemiologi maupun pihak-pihak di luar Program Studi Magister Epidemiologi. Pada tahun ini kegiatan Bulan Epidemiologi Ke-4 dikemas dengan berbeda dari pada tahun sebelumnya, terdiri dari 4 rangkaian acara. Dengan tujuan untuk menyambut Mahasiswa baru dan memberikan bekal serta pembelajaran awal untuk menjalani perkuliahan di Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Salah satu acraa pada rangkaian acara kegiatan Bulan Epidemiologi ini dilaksanakan padaa hari Sabtu 22 Oktober 2022 Pukul 09:00-selesai yang bertemakan “Pengembangan Keterampilan Menulis Ilmiah Melalui Workshop Systematic Review & Reworking, Tips dan Trik Membuat Abstrak dan Materi” di Gedung FKM UNAIR Lantai 2 RK 2, dengan dihadiri oleh Mahasiswa Aktif Megister Epidemiologi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis ilmiah pada mahasiswa khusushnya mahasiswa baru, sehingga dapat mempelancar & mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan studi yang ditempuh. Mengingat salah satu persyaratan untuk dapat lulus yaitu dengan memiliki artikel ilmiah yang telah disubmit pada jurnal bereputasi serta mengikuti kegiatan conference baik secara oral maupun poster. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pemaparan materi dan juga sesi presentasi sebagai latihan para mahasiswa. Sesi pemaparan materi 1 di sampaikan oleh Dr. Fariani Syahrul, SKM.,M.Kes dengan topik Systematic Review & Reworking, untuk pemaparan materi 2 di sampaikan oleh Pulung Siswantara, S.KM.,M.Kes dengan topik Tips dan Trik Membuat Abstrak dan Materi. Pemapatan materi berjalan secara interaktif dengan di ikuti dengan diskusi aktif dari mahasiswa dan pemateri. Pada sesi presentasi oral maupun poster diikuti dengan antusias oleh para mahasiswa. Terbukti meskipun hanya sebagai ajang latihan namun para mahasiswa banyak yang mendaftarakan abstraknya untuk dapat melakukan presentasi dengan di beri masukan oleh para reviewer. Dengan total 5 peserta poster presentation dan 3 peserta oral presentation dengan tim reviewer dari pihak Dosen Megister Epidemiologi UNAIR, yaitu Dr. Atik Choirul Hidajah, dr.,M.Kes, Erni Astutik, SKM., M.Epid, Siti Shofiya Novita Sari, S.KM., M.Epid.

Mahasiswa mengaku merasa sangat bermanfaat dan terbantu denga diadakannya kegiatan ini. Selain bagi mahasiswa baru dapat mempelajari untuk bekal salanjutnya tentunya juga dapat menjadi salah satu masukan dan perbaikan atas bahan dan materi yang telah mereka buat. Sehingga nantinya dapat lebih mematangkan kembali persiapan yang disiapkan untuk ajang conference sesungguhnya.

Penulis : Noer Farakhin, S.KM (NIM: 102114553022)

Leave a Reply