Studi Magister Epidemiologi: Titik Balik dalam Perjalanan Akademik yang Berkesan

Memutuskan untuk melanjutkan studi di program Magister Epidemiologi ternyata menjadi titik balik signifikan dalam perjalanan akademik saya. Tidak hanya memperdalam pengetahuan tentang epidemiologi, melanjutkan studi juga membuka wawasan baru melalui diskusi produktif dengan dosen dan rekan sekelas. Selama proses perkuliahan yang tidak selalu mudah, dukungan dari orang tua dan teman-teman terdekat sangat berharga, sehingga tantangan yang dihadapi terasa lebih ringan dengan adanya support system tersayang. Saya juga sangat menghargai bimbingan dari dosen yang selalu terbuka untuk memberikan saran, open saat mendiskusikan sesuatu yang mungkin perlu beberapa klarifikasi diluar jam perkuliahan, dan mendukung kami untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri. Dukungan ini menjadikan perjalanan studi yang sangat berkesan dan Insya Allah berkontribusi besar terhadap pertumbuhan akademik dan profesional saya kedepannya.

Piagam Wisudawan Terbaik Program Magister Fakultas Kesehatan Masyarakat

Alhamdulillah sebagai lulusan dengan IPK nyaris sempurna namun tidak sesempurna itu, sebenarnya tips meraih IPK yang memuaskan hanya memerlukan dedikasi dan disiplin. Hal-hal yang saya terapkan selama proses belajar di kelas seperti: sebisa mungkin tetap fokus untuk memahami konsep dasar dari materi yang disampaikan dosen, untuk membantu dalam menangkap inti informasi yang ingin ditransfer ke mahasiswa. Dosen di program S2 Epidemiologi sangat terbuka dan beberapa dosen dengan senang hati memperbolehkan kami untuk menemui langsung jika perlu klarifikasi atau diskusi mengenai materi yang kurang dipahami. Jangan skip berdiskusi dengan teman sekelas agar memperdalam pemahaman dan memungkinkan kita saling melengkapi serta mengoreksi informasi yang telah dipelajari. Selain itu yang tidak kalah penting, temukan tempat yang nyaman dan ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Semasa kuliah tempat healing saya ya….perpustakaan, hampir setiap hari saya ke perpustakaan bersama teman-teman, baik untuk sekedar nugas atau membaca buku maupun sekadar melepas penat. Hal ini sangat membantu saya pribadi untuk tetap konsisten dan fokus dalam belajar ^^.

Akhir dari tulisan ini, mengutip sebuah filosofi yang menyebutkan bahwa semua tempat adalah sekolah dan semua orang adalah guru, dengan melanjutkan kuliah ini mengajarkan saya bahwa proses belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga melalui interaksi dan pengalaman sehari-hari. Setiap kesempatan dan setiap orang di sekitar kita memberikan pelajaran berharga yang mendukung perjalanan pendidikan kita. Terima kasih untuk yang terkasih, Ibu dan Ayah yang sangat full effort terhadap pendidikan anaknya. Terima kasih para staf dan dosen pengajar yang bersedia membagi ilmunya pada kami sehingga mencetak lulusan-lulusan keren dari S2 Epidemiologi FKM UNAIR, dan terima kasih kepada rekan-rekan S2 Epidemiologi terkhusus angkatan 2022 untuk kebersamaannya, semoga kita semua dapat segera bertemu kembali dalam keadaan terbaik. Aamiin.

Penulis: Aisyah Noer Auliyah Madani Pertiwi

Leave a Reply