Instagram Live Bersama Alumni untuk Mengenal Lebih Dekat Program Studi Magister Epidemiologi Universitas Airlangga

Sabtu (01/10/2022), Official Account Instagram Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan instagram live session mengupas tentang Program Studi MAGISTER Epidemiologi yang merupakan salah satu Program Studi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Kali ini di temani oleh Dhia Irfan Hanif, S.KM., M. Epid sebagai narasumber acara IG Live with Alumni FKM Season 2 Get to Know MAGISTER Epidemiologi. Acara live session ini dimoderatori oleh Noer Farakhin, S.KM, mahasiswa semester 3 program studi MAGISTER Epidemiologi. Dhia Irfan Hanif, S.KM., M.Epid, yang akrab dipanggil Irfan merupakan Alumni Epidemiologi Eidemiologi peminatan Epidemiologi tahun 2018 dan sekarang menjadi Aparatur Sipil Negara di Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun, Seksi PMPTM. Sharing dimulai dengan flashback dan nostalgia terkait studi magister Irfan. Tentang mata kuliah dan dosen terfavorit serta apa yang di kangeni saat masa studi. Irfan menyebutkan bahwa alasan memutuskan untuk langsung lanjut studi magister dikarenakan dirinya yang masih ingin belajar dan mencari ilmu yang lebih dalam.

Gambar 2. Live IG berlangsung sharing Get to Know Magister Epidemiologi

Irfan juga bercerita terkait dunia kerja yang saat ini dijalaninya, bagaimana cara kita siap lulus tepat waktu dan mencari kerja yang sesuai dengan background pendidikan. Irfan menyebutkan bahwa mental yang kuat itu sangat penting. “Yang pertama bagaimana kita pintar membaca situasi, ketika kita pintar membaca situasi makan kita akan lebih menguasai berbagai macam kondisi yang akan terjadi di depan kita. Ketika kita sudah menguasai itu maka secara mental kita akan jauh lebih siap. Kuasai lingkungan, kuasai apa yang ada di depan mata dan kuasai materinya dan kuasai performance nya. Jadi mentalitas yang keluar itu tergantung bagaimana usaha kita untuk menguasai. Yang terakhir adalah bagaimana kita tau porsi kita, apa yang menjadi begroun keilmuan kita itu yang harus kita kerjakan, kita selaku epidemiolog maka bagaimana kita mampu mengerjakan pekerjaan seorang epidemiolog” jelas Irfan.

Irfan berpendapat bahwa softskill yang perlu dikuasai oleh Mahasiswa Magister Epidemiologi adalah komunikasi yang baik. “Tentunya komunikasi yang baik sangat perlu untuk dimiliki. Jika kita tahu materi, konsep dan solusinya namun kita tidak bisa menjelaskan dan tidak mampu merubah pikiran orang lain dengan pola komunikasi yang kita miliki saya kira percuma” tutur Irfan. Irfan berpesan untuk menikmati proses studi yang sedang dilakukan, jangan terlalu bermuluk-muluk dan berlebihan, menikmati proses dan alur serta arahan dari dari dosen sehingga tesis dapat terselesaikan dengan baik.

Penulis: Noer Farakhin (NIM: 102114553022)

Editor: Siti Shofiya Novita Sari

Leave a Reply