Continues Quality Improvement (CQI) Field Epidemiology Training Program (FETP) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

Pada tanggal 11 dan 12 Juli 2023, telah dilakukan continues quality improvement (CQI) pada Field Epidemiology Training Program (FETP) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. CQI bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pendidikan program FETP dan untuk mendapatkan masukan dari penyelenggaraan program FETP. Pada tahun ini adalah kesempatan pertama untuk dilakukan CQI di FETP Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

Tim evaluator CQI adalah Dr. Khanchit Limpakarnjanarat dari Thailand FETP, Dr Nemia L. Sucaldito dari The Philippines FETP, dan Dorji Tsewang (WHO SEARO) serta Dr. Endang Wulandari dari WHO Indonesia.  Tim evaluator adalah tim independent yang diundang oleh Kementerian Kesehatan untuk dapat memberikan saran agar dapat dilakukan perbaikan sehingga menjamin mutu kualitas pelaksanaan sesuai syarat akreditasi TEPHINET. Selain dihadiri oleh tim evaluato juga dihadiri oleh tim pendamping, yaitu bapak Puhilan dari Kementerian Kesehatan, Dr. Hari Purnomo, Husni, MPH  dan Ibu Orina dari FETP Indonesia, dan ibu Amalya dari CDC Indonesia.

Foto 2. Tim Evaluator dan Tim Pendamping bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo

Kegiatan ini dilakukan 2 hari. Pada hari pertama Tim CQI akan melakukan interview kepada pengelola FETP Pengelola Program Studi Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga. Acara dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan II Dr. M Atoillah Isfandiari, dr., M.Kes. Kemudian dilanjutkan dengan acara utama, yaitu evaluasi terhadap pengelola program FETP di FKM UNAIR. Pada hari kedua tim auditor QCI mendatangi lokasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa, yaitu Dinas Kesehatan Sidoarjo. Auditor melakukan wawancara kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Ketua Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Wawancara juga dilakukan kepada mentor atau supervisor mahasiswa. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara kepada mahasiswa.

CQI ini penting sekali untuk evaluasi penyelenggaraan FETP di Indonesia, terutama di FKM UNAIR. Kami sebagai pengelola program studi mendapatkan saran dan masukan untuk perbaikan penyelenggaraan FETP ” tegas Erni Astutik selaku Sekretaris Program Studi Epidemiologi.

Penulis: Erni Astutik

Leave a Reply